Monday 30 May 2016

4 penyakit yang timbul akibat melewatkan jam makan

salam sehat guys.. ini lah akibatnya bila kita sering melewatkan jam makan baik itu dikarenakan sibuk ataupun tidak sempat karena banyak kerjaan ( saya sendiri juga sering, dan sudah mengalami sembelit dan stress berlebihan )
ada juga kebanyakan orang yang demi memiliki tubuh langsing dan turun berat badan, tak sedikit orang yang rela berlapar-lapar dan melewatkan waktu makan. Bahkan ada yang makan hanya sekali dalam sehari. 

Meskipun pada akhirnya bobot Anda sukses turun, namun hati-hati dalam jangka panjang kebiasaan ini memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh. Apa saja? Berikut daftarnya

1. asam lambung

Sakit Perut / Asam lambung

asam lambung merupakan salah satu masalah umum yang bisa muncul saat Anda melewatkan jam makan. Saat tiba waktu makan tapi Anda tak mengonsumsi makanan, maka asam lambung akan tetap diproduksi. Nah, produksi asam tanpa makanan di perut ini lama-kelamaan dapat membakar lapisan perut dan menimbulkan rasa nyeri, disebut sebagai mag, ini lah mengapa orang sering melewatkan jam makan lalu terkena asam lambung / mag

2. Sembelit / buang air besar berdarah

Sembelit
susah buang air besar / berdarah
Masalah lain yang mungkin terjadi ketika seseorang melewatkan waktu makan adalah ambeien / sembelit. Jika seseorang terlalu sibuk sepanjang hari dan tidak makan dengan benar sampai malam, biasanya ia kemudian akan makan terburu-buru tanpa mengunyah dengan baik. Masuknya sejumlah besar makanan secara tiba-tiba dalam sistem pencernaan tentu akan sulit dicerna oleh enzim tubuh, sehingga kemudian membusuk di usus dan menimbulkan sembelit.

3. Diabetes
Jangan salah, sering lupa makan juga bisa memicu diabetes. Setelah skip waktu makan, biasanya Anda akan menjadi sangat lapar dan ingin makan makanan yang manis. Ini karena gula darah Anda drop akibat lupa makan. Konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi secara berlebihan dan tiba-tiba dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon insulin dalam tubuh, yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan diabetes.

4. Stres
Stress
Masalah lain yang bisa muncul akibat sering melewatkan waktu makan adalah munculnya hormon stres. Ini karena skip waktu makan dan kurangnya asupan nutrisi membuat metabolisme tubuh Anda menjadi tak bekerja dengan baik. Diawali dengan melewatkan waktu makan, stres yang muncul kemudian dapat berujung pada risiko lain seperti nyeri otot dan tekanan darah tinggi.


nah dengan informasi di atas untuk kedepannya jangan meninggalkan jam makan lagi ya guys.. ingat kesehatan itu lebih penting daripada segalanya, so hindari sifat menunda makan kamu sekarang dan mulai lah hidup dengan sehat.

Semoga bermanfaat dan salamat sehat.

0 comments:

Post a Comment